Tak Lagi Dijahit, Begini Cara Atasi Pendarahan Dengan Teknologi Kesehatan Terbaru

Tak Lagi Dijahit, Begini Cara Atasi Pendarahan Dengan Teknologi Kesehatan Terbaru

Saat ini teknologi kesehatan semakin canggih, hal itu dapat dilihat dari alat-alat kesehatan yang terus mengalami perkembangan untuk memudahkan proses penyembuhan. Salah satu yang terbaru dari dunia medis yakni teknologi untuk atasi luka yang mengeluarkan darah terus menerus dengan cara mengelem luka tersebut. Sehingga untuk atasi pendarahan tak hanya dengan cara dijahit.

Para ilmuwan yang berasal dari Zhejiang University di China telah berhasil menciptakan lem medis yang berteknologi tinggi untuk menyembuhkan kerusakan organ dengan efisien termasuk juga kebocoran arteri. Bukan tanpa alasan teknologi canggih ini hadir, melainkan karena lem medis yang sudah digunakan di masa lalu untuk mencegah kebocoran arteri dinilai tak maksimal.

Dengan munculnya lem medis yang berteknologi tinggi ini, jika Anda memiliki luka dan sobek pada bagian tubuh tertentu maka untuk menghentikan pendarahan maka Anda hanya perlu untuk mengelemnya sendiri tanpa perlu dijahit. Wah, sangat canggih bukan? Penasaran dengan teknologi kesehatan terbaru ini? Tunggu apalagi, simak informasinya berikut ini.

Kebocoran Arteri Bisa Diatasi dengan Menggunakan Lem Medis

Lem medis merupakan bahan yang penting mengingat bahwa pendarahan adalah kasus yang serius. Jika dokter mendapat pasien dengan kasus pendarahan tersebut maka penanganan harus segera dilakukan karena untuk mencegah kematian. Perawatan luka tersebut biasanya akan melibatkan penyumbatan arteri kemudian dijahit untuk menutup luka. Karena bahan dan cara penyumbatannya saat belum efektif maka ilmuwan membuat lem medis.

Ilmuwan China berusaha untuk mengembangkan teknologi kesehatan yakni hidrogel yang mampu menghentikan pendarahan dengan cepat akibat kerusakan arteri. Hidrogel yang dibuat oleh ilmuwan China tersebut diakui telah menjadi jawaban atas kekurangan lem pendarahan masa lalu. Penemuan gel pada masa lalu belum sesuai dengan ekspetasi. Hal itu karena bahan lem yang kurang kuat dan toksik.

Oleh sebab itulah, saat ini para ilmuwan China kembali membuat hidrogel baru dengan cara mengembangkan material serta bahan yang lebih berkualitas. Adapun hidrogel yang dibuat oleh para ilmuwan tersebut tersusun atas air, gelatin, campuran dari protein dan senyawa kimia lainnya. Sehingga diyakini hidrogel yang baru ini akan bisa memperbaiki kekurangan hidrogel lama.

Diakui Aman Digunakan Untuk Tubuh

Lem Medis ini dibentuk menyerupai struktur dari jaringan ikat manusia semirip mungkin. Ketika sinar UV mengenai lem, maka lem tersebut mengalami penebalan dan juga pemadatan sehingga menutup luka dan mencegah keluarnya darah yang mengalir. Prosesnya sangat cepat yakni sekitar 20 hingga 30 detik saja. Lem tersebut juga mampu menahan tekanan melebihi tekanan darah normal.

Berdasarkan para ilmuwan menyatakan bahwa tak ada produk klinis lain yang ada di pasaran untuk menghentikan pendarahan jantung yang bekerja dengan cepat seperti yang ditunjukkan oleh hidrogel. Hidrogel tersebut bisa terurai sendiri dalam tubuh tanpa bahaya yang ditimbulkan. Walaupun demikian, masih perlu tes lanjutan pada hewan sebelum diuji cobakan pada manusia.

Demikian informasi terkait dengan lem medis yang digagas oleh para ilmuwan di China untuk menghentikan pendarahan. Bagaimana tanggapan Anda tentang terobosan baru dalam dunia medis ini, sangat luar biasa bukan? Dengan begitu maka bukan hal yang mustahil lagi jika Anda mengalami pendarahan hanya perlu mengelemnya sendiri tanpa butuh dijahit. Semoga informasi mengenai teknologi kesehatan diatas bermanfaat bagi anda.

Close Menu